Resiko Seorang Guru
A. Identifikasi Bahaya
B. Analisa Resiko
- Daftar Kemungkinan dan Konsekuensi dari Bahaya Pekerjaan sebagai Seorang Guru
Jenis Bahaya | Risiko | Konsekuensi |
Faktor Fisika Ô Pencahayaan dari infokus (radiasi) Ô Suhu panas | Ô Mata Ô Biang keringat, dan dehidrasi | Ô Katarak Ô Kelelahan |
Faktor Biologis Ô Bakteri Ô Virus Ô Jamur | Ô Infeksi Ô Infeksi Ô Infeksi | Penyakit-penyakit yang diderita para siswa, seperti TBC, influenza, batuk, dll |
Faktor Kimia Ô Bahan kimia pada spidol (Benzene) | Ô Terhirup Ô Terkena tangan | Ô Merusak sistem pernafasan, sakit kepala, sistem saraf / otak |
Faktor Psikososial Ô Jam kerja yang lama/ kurangnya istirahat. Ô Perangai siswa-siswi yang bermacam-macam. | Ô Stress Ô Stress | Ô Lelah, pusing, sakit kepala. Ô Pusing. |
Faktor Ergonomic Ô Duduk terlalu lama dengan posisi yang tidak berubah-ubah Ô Menulis di papan tulis dengan berjinjit | Ô Tulang punggung Ô Tulang, sirkulasi darah. | Ô Sakit punggung. Ô Tangannya pegal, pusing. |
Kecelakaan Saat Mengajar Ô Tangan terkena tinta spidol | Ô Termakan. | Ô Terganggunya sistem pernafasan, sakit kepala, kerusakan di bagian otak / saraf. |
2. Bentuk Analisa Semi-kualitatif
Tingkat Keparahan | Kemungkinan Terjadi | ||||
Jarang Terjadi (1) | Kurang mungkin terjadi (2) | Mungkin terjadi (3) | Sangat Mungkin terjadi (4) | Hampir Pasti terjadi (5) | |
(1) Tidak ada pengaruh | |||||
(2) Pengaruh sangat ringan | Ô Bakteri (2) Ô Jamur (2) Ô Virus (2) | ||||
(3) Pengaruh ringan | Ô Pencahayaan dari infokus (radiasi) (3) | Ô Bahan kimia pada spidol (12) Ô Perangai siswa-siswi yang bermacam-macam. (12) Ô Tangan terkena tinta spidol (12) | Ô Suhu panas (15) | ||
(4) Pengaruh serius | Ô Jam kerja yang lama/ kurangnya istirahat. (12) Ô Menulis di papan tulis dengan berjinjit. (12) | Ô Duduk terlalu lama dengan posisi yang tidak berubah-ubah (16) | |||
(5) Pengaruh fatal |
3. Evaluasi Resiko
Dari tabel analisa semi-kualitatif ditentukan prioritas resiko sebagai berikut:
NO. | HAZARD | SKOR | TAFSIRAN |
1. | Ô Duduk terlalu lama dengan posisi yang tidak berubah-ubah | 16 | Ô Sangat mungkin terjadi Ô Pengaruh serius |
2. | Ô Suhu panas | 15 | Ô Hampir pasti terjadi Ô Pengaruh ringan |
3. | Ô Jam kerja yang lama/ kurangnya istirahat. Ô Menulis di papan tulis dengan berjinjit. | 12 | Ô Mungkin terjadi Ô Pengaruh serius |
4. | Ô Bahan kimia pada spidol. Ô Perangai siswa-siswi yang bermacam-macam. Ô Tangan terkena tinta spidol. | 12 | Ô Sangat mungkin terjadi Ô Pengaruh ringan |
5. | Ô Pencahayaan dari infokus (radiasi) | 3 | Ô Jarang terjadi Ô Pengaruh ringan |
6. | Ô Bakteri Ô Jamur Ô Virus | 2 | Ô Jarang terjadi Ô Pengaruh sangat ringan |
4. Pengendalian Resiko
NO. | HAZARD | PENGENDALIAN |
1. | Ô Duduk terlalu lama dengan posisi yang tidak berubah-ubah | Ô Cari posisi yang nyaman, dan sering-seringlah berganti posisi duduk. |
2. | Ô Suhu panas | Ô Menghidupkan beberapa kipas angin sesuai kapasitas orang di kelas |
3. | Ô Jam kerja yang lama/ kurangnya istirahat. Ô Menulis di papan tulis dengan berjinjit. | Ô Kurangi jam mengajar, dan atur waktu sebaik mungkin. Ô Pihak sekolah memperhatikan tinggi papan tulis sebagai fasilitas sekolah. |
4. | Ô Bahan kimia pada spidol. Ô Perangai siswa-siswi yang bermacam-macam. Ô Tangan terkena tinta spidol. | Ô Tidak terlalu sering dalam menggunakan spidol. Ô Jadilah guru yang kreatif. |
5. | Ô Pencahayaan dari infokus (radiasi) | Ô Penggunaan infokus jangan terlalu sering, dan carilah posisi yang tidak mengenai cahaya infokus secara langsung. |
6. | Ô Bakteri Ô Jamur Ô Virus | Ô Membersihkan ruangan kelas (piket siswa & gotong royong). |
A. Kesimpulan
Setiap pekerjaan yang dilakukan oleh manusia, apapun itu, baik besar ataupun kecil, pasti memiliki efek-efek yang baik dan buruknya. Seperti halnya pada guru ini, juga mempunya resiko-resiko yang akan menimbulkan akibat tersendiri.
B. Saran-saran
Semoga penelitian ini dapat membantu para guru, sehingga dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Walaupun ini hanya penelitian kecil.
0 comments:
Post a Comment