Monday, October 17, 2011

K3LH !

Resiko Seorang Guru





A. Identifikasi Bahaya
Saat kita mengerjakan suatu pekerjaan, apapun itu, baik pekerjaan besar maupun kecil, pasti lah kita melibatkan lingkungan. Dan, setiap pekerjaan itu juga pastinya mempunyai efek baik dan efek buruknya tersendiri. Berikut ini adalah contoh yang saya ambil dari pekerjaan sebagai seorang guru.

B. Analisa Resiko
  1. Daftar Kemungkinan dan Konsekuensi dari Bahaya Pekerjaan sebagai Seorang Guru


Jenis Bahaya


Risiko

Konsekuensi
Faktor Fisika

Ô Pencahayaan dari infokus (radiasi)
Ô Suhu panas




Ô Mata

Ô Biang keringat, dan dehidrasi



Ô Katarak

Ô Kelelahan

Faktor Biologis

Ô Bakteri
Ô Virus
Ô Jamur


Ô Infeksi
Ô Infeksi
Ô Infeksi


Penyakit-penyakit yang diderita para siswa, seperti TBC, influenza, batuk, dll

Faktor Kimia

 Ô Bahan kimia pada spidol (Benzene)


Ô Terhirup
Ô Terkena tangan


Ô Merusak sistem pernafasan, sakit kepala, sistem saraf / otak

Faktor Psikososial
  
 Ô Jam kerja yang lama/ kurangnya istirahat.
 Ô Perangai siswa-siswi yang bermacam-macam.


Ô Stress

Ô Stress





Ô Lelah, pusing, sakit kepala.
Ô Pusing.


Faktor Ergonomic

Ô Duduk terlalu lama dengan posisi yang tidak berubah-ubah
Ô Menulis di papan tulis dengan berjinjit


Ô Tulang punggung

Ô Tulang, sirkulasi darah.


Ô Sakit punggung.

Ô Tangannya pegal, pusing.

Kecelakaan Saat Mengajar

 Ô Tangan terkena tinta spidol



Ô Termakan.



Ô Terganggunya sistem pernafasan, sakit kepala, kerusakan di bagian otak / saraf.

2. Bentuk Analisa Semi-kualitatif



Tingkat Keparahan
Kemungkinan Terjadi
Jarang Terjadi

(1)
Kurang mungkin terjadi (2)
Mungkin terjadi
(3)
Sangat Mungkin terjadi (4)
Hampir Pasti terjadi
(5)
(1)
Tidak ada pengaruh





(2)
Pengaruh sangat ringan
Ô Bakteri (2)
Ô Jamur (2)
Ô Virus (2)



(3)
Pengaruh ringan
Ô  Pencahayaan dari infokus (radiasi) (3)

Ô Bahan kimia pada spidol (12)
Ô Perangai siswa-siswi yang bermacam-macam. (12)
Ô Tangan terkena tinta spidol (12)
Ô  Suhu panas
(15)
(4)
Pengaruh serius

Ô Jam kerja yang lama/ kurangnya istirahat. (12)
Ô Menulis di papan tulis dengan berjinjit. (12)
Ô Duduk terlalu lama dengan posisi yang tidak berubah-ubah
(16)

(5)
Pengaruh fatal







3. Evaluasi Resiko

Dari tabel analisa semi-kualitatif ditentukan prioritas resiko sebagai berikut:


NO.
HAZARD
SKOR
TAFSIRAN
1.
Ô Duduk terlalu lama dengan posisi yang tidak berubah-ubah
16
Ô Sangat mungkin terjadi
Ô Pengaruh serius
2.
Ô Suhu panas
15
Ô Hampir pasti terjadi
Ô Pengaruh ringan
3.
Ô Jam kerja yang lama/ kurangnya istirahat.
Ô Menulis di papan tulis dengan berjinjit.
12
Ô Mungkin terjadi
Ô Pengaruh serius
4.
Ô Bahan kimia pada spidol.
Ô Perangai siswa-siswi yang bermacam-macam.
Ô Tangan terkena tinta spidol.
12
Ô Sangat mungkin terjadi
Ô Pengaruh ringan
5.
Ô Pencahayaan dari infokus (radiasi)
3
Ô Jarang terjadi
Ô Pengaruh ringan
6.
Ô Bakteri
Ô Jamur
Ô Virus
2
Ô Jarang terjadi
Ô Pengaruh sangat ringan


4. Pengendalian Resiko


NO.
HAZARD
PENGENDALIAN
1.
   Ô Duduk terlalu lama dengan posisi yang tidak berubah-ubah
Ô Cari posisi yang nyaman, dan sering-seringlah berganti posisi duduk.
2.
Ô Suhu panas

Ô Menghidupkan beberapa kipas angin sesuai kapasitas orang di kelas
3.
Ô Jam kerja yang lama/ kurangnya istirahat.
Ô Menulis di papan tulis dengan berjinjit.
Ô Kurangi jam mengajar, dan atur waktu sebaik mungkin.
Ô Pihak sekolah memperhatikan tinggi papan tulis sebagai fasilitas sekolah.
4.
Ô Bahan kimia pada spidol.
Ô Perangai siswa-siswi yang bermacam-macam.
Ô Tangan terkena tinta spidol.
Ô Tidak terlalu sering dalam menggunakan spidol.
Ô Jadilah guru yang kreatif.
5.
   Ô Pencahayaan dari infokus (radiasi)
Ô Penggunaan infokus jangan terlalu sering, dan carilah posisi yang tidak mengenai cahaya infokus secara langsung.
6.
Ô Bakteri
Ô Jamur
Ô Virus
Ô Membersihkan ruangan kelas (piket siswa & gotong royong).


A.    Kesimpulan
Setiap pekerjaan yang dilakukan oleh manusia, apapun itu, baik besar ataupun kecil, pasti memiliki efek-efek yang baik dan buruknya. Seperti halnya pada guru ini, juga mempunya resiko-resiko yang akan menimbulkan akibat tersendiri.

B.    Saran-saran
Semoga penelitian ini dapat membantu para guru, sehingga dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Walaupun ini hanya penelitian kecil. 

0 comments:

Post a Comment

 

Green Peace Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template and web hosting